Home » , » Hindari "Unclear Antecedents"

Hindari "Unclear Antecedents"

Apa sobat pernah bingung membaca kalimat yang sudah ditulis oleh diri sendiri? Jika pernah, mungkin tulisan sobat terdapat unclear antecedent. Apa sih unclear antecedent itu? Hmm... apa yah? Jadi bingung :)

Untuk lebih memahami unclear antecedent, alangkah baiknya kita mengetahui apa itu antecedent. Bukankah demikian? Antecedent di sini bukan antecedent yang ada dalam teori matematika; namun lebih condong pada teori struktur bahasa. Langsung saja, disebutkan dalam Kamus Online Merriam-Webster, antecedent adalah "a word or phrase replaced by a substitute." Jadi, antecedent adalah kata atau frasa yang digantikan oleh "sang pengganti" baik itu noun (kata benda) atau pronoun (kata ganti).

Untuk lebih jelasnya, mari kita pelajari contoh antecedent berikut ini :

Marry saw John and thank him.

Pada kalimat di atas, John adalah antecedent dari kata ganti him. Dengan kata lain, "him" mengacu pada kata "John" dan karenanya antecedent pada kalimat di atas benar-benar jelas (clear antecedent).

Lalu seperti apa sih unclear antecedent?

Mengacu pada keterangan di atas, unclear antecedent bisa dianggap kalimat yang rancu karena ketidakjelasan apa / siapa antecedent pada sebuah kalimat. Contoh :

Marry saw John and Billy; then she thank him.

Pada kalimat di atas, ada dua orang pria: John dan Billy; sedang Marry (she) berterima kasih kepada dia (him). Pertanyaannya? Kepada siapa sebenarnya Marry berterima kasih? apa kepada John atau Billy?

Nah, itu dia yang dinamakan unclear antecedent. Oleh sebab itu, saya sarankan ketika menulis kalimat, cobalah untuk menghindari ambiguitas kalimat seperti adanya antecedent yang tidak jelas.

Lalu bagaimana memperbaiki unclear antecedent?

Untuk memperbaiki unclear antecedent, tentu kita harus menata ulang kalimat yang sudah kita susun agar keberadaan pelaku (subject), kata kerja (verb) dan struktur kalimat lainnya tidak ambigu lagi. Seperti misalnya pada contoh di bawah ini :

  • Unclear antecedent : Before Eva met Cynthia, she had been timid and shy. (pada kalimat ini, kata ganti she tidak jelas mengacu / kembali pada antecedent mana, apakah Eva atau Cynthia?)
  • Clear antecedent : Before Eva met Cynthia, Eva had been timid and shy.

  • Unclear antecedent : Samuel said he is meeting with Ahmad, and he will set up the new network hub. (Pada kalimat ini, kata ganti he yang kedua tidak jelas mengacu pada siapa? apakah Samuel atau Ahamd?)
  • Clear antecedent : Samuel said he is meeting with Ahmad; and Ahmad will set up the new network hub.

Apakah sudah jelas? Jika ada yang belum jelas, mari kita belajar bersama dengan mendiskusikannya..

Semoga tulisan mengenai antecedent ini bisa menambah pengetahuan kita tentang bahasa Inggris

No comments:

Post a Comment

 
Support : Free Games Download | Food Recipes | Tontenk
Copyright © 2011. English Grammar and Text - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger