Home » » Belajar Menulis News Item (Teks Berita)

Belajar Menulis News Item (Teks Berita)

Kita sudah memahami beberapa penjelasan mengenai news item text. Kita pun sudah melihat contoh news item. Setelah keduanya sudah dipahami, apakah kita sudah bisa menulis / membuat teks berita berbahasa Inggris sendiri? Pasti bisa!!! Syarat pertama dan paling utama adalah adanya peristiwa yang layak dijadikan berita, bukankah demikian?

Menulis news item adalah hal wajib bagi seorang wartawan. Mereka sudah sangat terbiasa membuat berita, baik untuk media cetak seperti koran, majalah, tabloid; ataupun media elektronik seperti televisi. Oleh karena Hal paling mudah memahami teks berita adalah dengan membaca koran. Lalu bagaimana cara paling mudah memahami teks berita bahasa Inggris? Ya baca saja koran bahasa Inggris :)

Lalu bagaimana cara paling mudah menulis teks berita bahasa Inggris (news item). Ups, jangan buru-buru, kita lihat paragraf pertama pada contoh news item sebelumnya ya :

Alyssa Diva Mustika, a student from Pamekasan Junior High School, East Java, won the gold medal at the International Mathematics Contest held in Romania between March 22 to 29, Antara news agency reported.

Coba kita analisa contoh paragraf pertama (biasa disebut main event) di atas :

Pelaku / Subject : Alyssa Diva Mustika, a student from Pamekasan Junior High School, East Java
Melakukan : Won the gold medal
Tempat : At the international Mathematics Contest held in Romania
Waktu : Between March 22 to 29

Nah, jadi pertama yang harus kita telusuri dalam membuat news item text adalah :
  1. Menulis siapa pelaku
  2. Menulis perbuatan apa yang dilakukan si pelaku
  3. Menulis dimana tempat si pelaku melakukan perbuatan
  4. Menulis kapan waktu si pelaku melakukan perbuatan
Sudah bisa dipahami? Belum? Coba tirukan contoh main event di atas, atau coba pahami contoh main event di bawah ini :
National Police spokesman Insp. Gen. Saud Usman Nasution has announced that two jewelry stores in Kebumen, Central Java, have been robbed by six armed men.

Setelah bisa memahami main event di atas, mari kita lanjut dengan elaboration, yaitu penjabaran lebih lanjut mengenai main event. Dalam menulis elaboration, intinya kita memberikan gambaran lebih lengkap mengenai kejadian pada paragraf utama. 

The robbers got away with 5.1 kilograms of gold worth approximately Rp 1.2 billion and Rp 12 million in cash from Idaman jewelry store and Pangestu jewelry store.

Mungkin menulis elaboration sangat susah bagi yang belum terbiasa. Namun untuk sobat yang sudah sering menulis diary atau recount text, menjelaskan kejadian / peristiwa pasti akan sangat mudah. Tinggal dijabarkan lebih lanjut dengan menggunakan berbagai action verb / kata kerja yang berhubungan dengan aktifitas. :) seperti pada elaboration berikut :

Saud refused to disclose any information about the perpetrators, including whether they were linked to any terrorist rings, claiming it could disrupt the ongoing investigation.

The police recently apprehended eight of the 12 alleged robbers behind a jewelry store robbery in Ciputat, Tangerang. The police also question a police officer identified only as D, who was suspected of harboring one of the robbers.

Nah kata bercetak tebal di atas adalah beberapa kata kerja yang berhubungan dengan aktifitas / perbuatan yang dilakukan oleh polisi tentang perampokan tadi. Cukup menggugah pembaca!!!

Masih belum bisa menulis elaboration news item? Duh, masa belum bisa sih? Coba deh tulis dalam bahasa Indonesia dulu, terus diterjemahkan kedalam bahasa Inggris, oke...

Untuk resource information of news silahkan baca dulu deh penjelasan news item ;)

No comments:

Post a Comment

 
Support : Free Games Download | Food Recipes | Tontenk
Copyright © 2011. English Grammar and Text - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger