Home » , , » Agar Siswa Bicara Bahasa Inggris!!!

Agar Siswa Bicara Bahasa Inggris!!!

Susah, begitulah kira-kira satu kata yang ada di otak saya ketika ingin menjawab cara agar siswa mudah bicara bahasa Inggris.

Guru bahasa Inggris pasti tahu bahwa materi bahasa Inggris, khususnya speaking, masih saja terpaku pada cara agar siswa bisa mengungkapkan beberapa expression dalam bahasa Inggris; bahkan konon siswa dituntut untuk bisa berbicara menggunakan idiom. Benarkah?

Jika hal ini terus terjadi, yang ada adalah siswa terus menghafalkan materi speaking tersebut. Mereka pasti merasa bahwa materi speaking dalam bahasa Inggris tidak jauh beda dengan materi grammar. Lagi-lagi menghafal... Permasalahan ini saya anggap sebagai masalah yang serius dan harus cepat dibenahi.

Belum lagi dengan banyaknya materi pelajaran di tingkat menengah__dimana kegiatan belajar mengajar lebih sering menggunakan bahasa Indonesia__ ditambah alokasi waktu belajar bahasa Inggris yang sedikit, saya dengan tegas akan menjawab "Tidak ada cara paling mujarab agar siswa mudah berbicara bahasa Inggris."

Dulu, saya masih ingat ketika bertemu seorang guru bahasa Inggris di sekolah menengah kejuruan bertaraf internasional, ia tak pernah mengajarkan bahasa Inggris sesuai silabus dan rpp bahasa Inggris. Yang ia lakukan hanyalah mengajarkan apa yang ia ingat dalam benaknya saja. Dengan kata lain ia mengajarkan bahasa Inggris semaunya sendiri. Mengapa ia melakukan hal terlarang dalam dunia pengajaran bahasa Inggris di Indonesia ini? Ternyata, ia menganggap bahwa belajar bahasa Inggris untuk kalangan SMP dan SMA itu cuma 3 bulan saja; yaitu ketika diadakan les bahasa Inggris di sekolah untuk kesiapan Ujian Nasional (UN); Selebihnya terserah....

Memang, tuntunan pendidikan di Indonesia yang mengharuskan siswa lulus ujian nasional bahasa Inggris kadang membuat seorang guru fokus hanya pada materi khusus alias kisi-kisi soal bahasa Inggris yang sering muncul pada UN. Namun, tindakan guru bahasa Inggris dengan mengabaikan prinsip pembelajaran di sekolah bukanlah contoh yang baik; meski ia kadang merasa "kurang pas" dengan ketentuan pemerintah tersebut.

Lalu Apa Solusinya?

Saya sendiri bingung harus memberi solusi apa; karena sudah berkali-kali saya katakan bahwa saya bukan seorang guru bahasa Inggris yang tahu betul akan akar permasalahan ini. Namun, dari analisa di atas, saya pastikan bahwa masalah utama mengapa siswa susah untuk bicara bahasa Inggris adalah "Kita sudah terbiasa dengan Bahasa Indonesia." atau lebih parah lagi, "Kita (baik guru atau murid) sudah terbiasa dengan bahasa daerah," bahasa Jawa misalnya.

Tak akan mungkin kita memaksakan belajar matematika menggunakan bahasa Inggris. Jangankan tingkat SMP dan SMA, terkadang mahasiswa pun harus putar otak dahulu untuk berbicara bahasa Inggris ketika menanyakan "materi algoritma" matematika kepada gurunya. Pun juga demikian, seorang guru Matematika atau guru pelajaran selain bahasa Inggris lainnya, pasti  sangat ogah mengajarkan mata pelajaran yang ia ampu menggunakan bahasa Inggris. Suatu hal yang berat.. menghilangkan kebiasaan berbahasa Indonesia..

Terkecuali, seorang guru bahasa Inggris mempunyai ide cemerlang untuk mengimbangi kebiasaan berbahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Dan juga, para siswa harus tahu keinginan gurunya tersebut. Jika sudah demikian, pasti ada jalan alternatif yang bisa menumbukan rasa cinta akan belajar bahasa Inggris, tidak hanya dalam hal speaking saja, tapi juga skill lainnya. Benarkah?

Salah satu yang "mungkin" ampuh mengatasi bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris ini adalah dengan "MEMAKSAKAN" siswa supaya berbicara bahasa Inggris di wilayah-wilayah sekitar sekolah tertentu. Dengan kata lain, kewajiban siswa dan bahkan guru untuk bicara bahasa Inggris di ENGLISH AREA. Cara ini mungkin paling efektif agar semua elemen di sekolah mau berbahasa Inggris. Oleh karena itu, persiapan akan adanya ENGLISH AREA (Area Wajib berbahasa Inggris) harus benar-benar matang.

Selain cara di atas, ada juga cara "ikhlas" mengatasi permasalahan ini, yaitu dengan mengajak siswa mengikuti bimbingan belajar bahasa Inggris GRATIS di rumah Bapak / Ibu guru bahasa Inggris. Itupun harus dilakukan dengan sangat intensif. Demi meningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa Inggris, apakah seorang guru berani menawarkan hal tersebut? dan apakah siswa juga mau mengikutinya?

Entahlah??

Catatan: Tulisan ini ditulis untuk menjawab pertanyaan salah satu guru bahasa Inggris dan "mungkin" juga seorang penerjamah tersumpah Jogja-Solo tentang cara agar siswa mudah bicara bahasa Inggris. Mungkin ada jawaban lain yang lebih baik? Karena saya yakin, para guru bahasa Inggris pasti lebih mengetahui cara mengatasi permasalahan ini. :)

No comments:

Post a Comment

 
Support : Free Games Download | Food Recipes | Tontenk
Copyright © 2011. English Grammar and Text - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger