Home » , » Tujuan Mengajarkan Puisi (The Objectives of Teaching Poetry)

Tujuan Mengajarkan Puisi (The Objectives of Teaching Poetry)

Di sini pernah dipublikasikan Kumpulan puisi bahasa Inggris Langston Hughes, Kumpulan Puisi William Shakespeare, 9 Puisi Cinta Bahasa Inggris pilihan, namun apa sih fungsi dan tujuan puisi-puisi tersebut? Fungsi puisi pasti sangat beragam, tergantung untuk apa puisi tersebut. Dan tujuan puisi pun sama, tidak jauh beda dengan fungsi puisi.

Lalu, pernahkah seorang guru bahasa Inggris mengajarkan puisi? Jika ada pasti seorang guru tersebut memiliki tujuan mengajarkan puisi. Saya yakin bahwa seorang guru tidak mungkin mengajarkan puisi hanya untuk memenuhi kurikulum pengajaran bahasa saja. Seorang guru pasti mempunyai alasan yang sangat mulia dalam mengajarkan puisi. Untuk itu, mari kita ungkap tujuan mengajarkan puisi menurut kajian ilmiah berikut ini :

  1. To enable students to understand and enjoy the poetry. (membuat siswa bisa memahami dan menikmati puisi)
  2. To enable the students to understand the central idea, thoughts of the poetry and beauty of the language.(membuat siswa bisa memahami ide pokok, pikiran utama dari puisi dan keindahan bahasa)
  3. To enable the students to recite the poem with proper beats, stress, intonation, accent and rhythm. (untuk membuat siswa bisa membaca puisi dengan irama, tekanan, intonasi, aksen dan ritme)
  4. To enable the students to imagine and develop their aesthetic sense. (untuk membuat siswa bisa membayangkan dan mengembangkan rasa estetik mereka
 Nah, sudah tahu kan sekarang mengapa guru bahasa Inggris masih memberikan pelajaran tentang puisi? Oleh karena itu, jika benar tujuan pengajaran puisi yang diajarkan oleh guru kita sesuai dengan keterangan di atas, maka kita harus dengan tunduk dan patuh untuk serius mempelajari puisi. Jika tidak, ada beberapa ilmu sastra bahasa, khususnya sastra Inggris yang telah kita lewatkan...

No comments:

Post a Comment

 
Support : Free Games Download | Food Recipes | Tontenk
Copyright © 2011. English Grammar and Text - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger