Home » , » Manfaat Mengajarkan Narrative Text

Manfaat Mengajarkan Narrative Text

Adakah manfaat mengajarkan narrative text? - Setelah sebelumnya kita telah membahas penjelasan dan contoh narrative text, kini saatnya kita mengetahui beberapa manfaat yang bisa kita ambil saat belajar narrative text.

Bagi seorang guru, manfaat sebuah pelajaran yang bisa diambil oleh siswa adalah hal yang paling utama, bukankah demikian? Seorang guru bukanlah orang yang hanya menginginkan siswanya mendapatkan nilai tinggi saat ujian / tes saja, ia punya tujuan utama, yaitu mengambil manfaat dari pelajaran yang ia ajarkan.

Dan berikut beberapa manfaat yang bisa siswa dapatkan ketika mempelajari narrative text :

Memahami "Setting"

Dalam setiap narrative text, karena pasti berbentuk sebuah cerita, setting menunjukkan siswa di mana dan kapan cerita narrative ini terjadi. Siswa bisa memahami perbedaan antara tempat satu dan lainnya. Siswa juga harusnya bisa membedakan tempat dan waktu antara cerita satu dengan cerita lainnya.

Memahami "Character"

Sebuah cerita pasti memiliki pemeran utama, baik itu sebagai karakter protagonis ataupun antagonis. Siswa bisa mengenali karakter mereka masing-masing. Siswa seharusnya bisa membedakan mana karakter mana yang tidak pantas ditiru, dan mana karakter yang patut dicontoh. Jika siswa belum bisa membedakan kedua karakter ini, maka bisa dikatakan narrative text yang diajarkan oleh guru belum sepenuhnya bermanfaat.

Personalizing

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa narrative text bisa membantu orang dapat mengendalikan situasi yang sedang ia alami. Karena biasanya ada saja cerita-cerita dalam narrative text tersebut berhubungan dengan cerita yang mereka alami. Selain itu, narrative text juga bisa membuat siswa dapat berpikir lebih logis dalam mengendalikan waktu mereka. Permulaan cerita, tengah cerita, dan akhir cerita harusnya menjadi pertimbangan siswa dalam menempuh hidupnya lebih lanjut.

Setidaknya ketiga manfaat narrative text tersebut bisa membuat kita tetap ingat bahwa tidak ada ilmu yang tidak bermanfaat. Ada hal-hal atau masalah yang 'mungkin' tidak terduga yang bisa kita pahami dan kita selesaikan. 

Mungkin masih banyak lagi manfaat narrative text, untuk para siswa dan guru, bolehlah sekiranya memberikan opini...

No comments:

Post a Comment

 
Support : Free Games Download | Food Recipes | Tontenk
Copyright © 2011. English Grammar and Text - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger