Home » » 6 Rahasia Grammar Bahasa Inggris Si Syukur

6 Rahasia Grammar Bahasa Inggris Si Syukur

Teman saya asal Madura, biasa dipanggil Syukur, adalah salah satu teman yang pandai dalam grammar bahasa Inggris. Jangankan tingkat dasar, tingkat advance pun ia kuasai. Meski ia tampangnya kelihatan bukan seperti ahli grammar, tapi ia ternyata lebih pintar dari sekian banyak makhluk di Indonesia yang ngebet pintar dalam grammar bahasa Inggris.

Rahasia Pintar Grammar

Syukur mungkin sangat bersyukur memiliki kemampuan lebih dalam memahami grammar. Namun itu bukan hanya sekedar nikmat dan anugerah Tuhan semata. Ternyata ia memiliki rahasia khusus untuk pandai dalam grammar bahasa Inggris. Dan saya dengan sangat berat hati akan membongkar semua rahasia pintar grammar ala teman saya ini biar kita semua bisa pintar memahami grammar bahasa Inggris seperti Syukur.

Pertama, Niat Belajar Grammar

Niat yang baik akan membawa hasil yang baik. Jika kita dengan sungguh-sungguh berniat untuk mahir dalam grammar bahasa Inggris, maka cepat atau lambat kita yakin akan bisa grammar bahasa Inggris. Seandainya kita tidak memiliki niat tulus untuk bisa grammar__misalnya saja, untuk memikat hati wanita, siap-siap saja grammar yang kita kuasai akan lambat laun musnah dari ingatan kita.

Jika sudah niat belajar grammar, apapun yang terjadi, hujan, petir, angin ribut, plus banjir menghadang sekalipun, kita wajib berangkat ke kampus untuk mengikuti kuliah grammar. Itu misalkan saja......

Kedua, Guru Grammar Yang Bersahabat

Ketika kita sudah memiliki niat yang kuat, saatnya kita memiliki guru yang bersahabat. Guru yang bersahabat adalah model guru yang enak diajak ngobrol; ia tidak segan mengatakan "bodoh" kepada kita__saking akrabnya. Ia tidak memiliki banyak aturan ketika mengajar, mengalir saja seperti sungai. Ia tidak marah ketika dibilang, "Ternyata guru saya lebih bodoh dari saya". Ah pokoknya, guru yang enak diajak berdebat dengan tanpa malu dianggap salah oleh sang murid. Karena guru yang bersahabat tidak pernah merasa paling pintar sendiri.

Jika ada guru penuh dengan aturan, misalnya, tidak boleh mendengarkan ipod ketika belajar grammar, maka ia bukan tipe guru yang bersahabat. Karena seorang yang bersahabat, baik guru ataupun tidak, adalah orang yang mampu mengerti apa yang membuat kita nyaman ketika belajar grammar. Maka, carilah guru yang bersahabat.... 

Jika tidak ada, maka ciptakan guru yang bersahabat. Mintalah guru bahasa Inggris favorit anda untuk menjadi guru yang bersahabat seperti keterangan di atas.

Ketiga, Belajar Tanpa Henti

Belajar tanpa henti bukan berarti kita harus setiap hari membaca buku grammar saja, tapi belajar tanpa henti harus diartikan bahwa kita tidak boleh lepas dengan grammar ketika kita mempelajari materi bahasa Inggris lainnya. Ketika kita belajar speaking, coba periksa apa ada yang aneh dengan grammar kita ketika berbicara bahasa Inggris atau tidak. 

Ketika belajar writing, coba periksa apa tulisan kita sudah sesuai dengan kaidah grammar bahasa Inggris atau tidak. Dan begitu seterusnya... Jika perlu, kita bisa membuat catatan grammar dari setiap kegiatan membaca buku bahasa Inggris yang sering kita lakukan. Catat paragraf mana yang memiliki komponen grammar yang sedikit sulit.

Keempat, Luangkan Waktu untuk Berlatih

Biasanya selain buku grammar yang lengkap (baca: Buku Grammar Terbaik) pasti memiliki banyak latihan soal-soal grammar. Misalnya, buku karangan Betty S. Azar - Understanding and Using English Grammar, memiliki banyak latihan soal setiap materinya yang bisa mengisi waktu luang sobat. Jangan terus menerus membaca teori grammar karena hal tersebut bisa membuat otak anda tidak sehat; hal tersebut pun bisa membuat materi grammar yang sudah kita pelajari hilang dalam sekejap.

Kelima, Belajar Grammar sampai Puncak

Belajar grammar sampai puncak bukan berarti belajar grammar ke objek wisata puncak :) Belajar grammar sampai puncak harus diartikan bahwa belajar grammar harus bertahap dari mulai basic, intermediate, dan advance. Belajar adalah proses. Tanpa pondasi dasar yang kuat dan kokoh, anda tak kan bisa membuat gedung bertingkat. Mulailah belajar dari nol terus dan terus hingga ke ujung puncak kenikmatan memahami grammar.

Jangan pernah berani mempelajari teori grammar advance jika otak sobat masih berisi teori grammar tingkat basic. Misalnya, teori dasar grammar bilang, "I love you because you're beautiful" sedang teori grammar advance bilang, "beautiful, I love you" Keduanya diartikan sama, mengapa demikian? Pokoknya, jika sobat belajar secara bertahap, semua rahasia mengapa banyak perbedaan antara grammar tingkat dasar dengan grammar tingkat mahir pasti bisa diketahui.

Jika sobat melewatkan proses belajar grammar ini; berarti sobat telah melewatkan banyak materi pendukung dalam belajar grammar bahasa Inggris secara lengkap.

Keenam, Selalu Bersyukur

Kita wajib bersyukur karena kita dianugerahi kemampuan untuk belajar grammar. Masih banyak orang yang ingin bisa bahasa Inggris, tapi mereka belum tentu ingin bisa grammar. Apalagi, jika kita sudah sangat mahir dalam grammar bahasa Inggris, kita sangat wajib bersyukur bahwa masih bisa menguasai grammar tanpa ketinggalan satu materipun dalam otak kita.

Mungkin, keenam rahasia grammar bahasa Inggris si Syukur sudah cukup membuat kita bersemangat lagi untuk tetap meneruskan perjuangan kita dalam memahami grammar secara lengkap.... 


Apa Ada Rahasia Lagi?

Ya, masih ada satu rahasia lagi yang belum diungkap oleh Syukur. Namun, dari gerak-geriknya selama saya mengenal dia, saya tahu apa rahasia sebenarnya pintar dan mahir grammar bahasa Inggris.... Biarlah hal itu tetap menjadi rahasia; karena jika keenam rahasia di atas sudah anda kuasai, cepat atau lambat anda pasti tahu ada apa di balik rahasia terakhir ini....

Untuk Syukur sahabatku, saya hanya mengajukan satu pertanyaan.... Apa kabar kawan???

Baca Juga

Tenses Bahasa Inggris
 

No comments:

Post a Comment

 
Support : Free Games Download | Food Recipes | Tontenk
Copyright © 2011. English Grammar and Text - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger