Home » , » Menerjemahkan Isi Hati - Latihan Bicara Bahasa Inggris

Menerjemahkan Isi Hati - Latihan Bicara Bahasa Inggris

Menerjemahkan isi hati - mungkin lebih baik dengan berbicara.. Salah satu lirik lagu Padi "Aku Bisa Menjadi Kekasih" menjadi inspirasi tulisan kali ini.

Mungkin kita menganggap bahwa sebenarnya kita mampu untuk berbicara dengan bahasa Inggris; kita memiliki kosakata bahasa Inggris yang cukup mupuni untuk sekedar bercakap-cakap dengan orang lain, kita memiliki intonasi bahasa yang bagus, kita memiliki kelancaran berbicara yang baik, namun hal itu tidak cukup untuk membuat kita bisa lancar berbicara bahasa Inggris di depan orang lain. Mengapa demikian?

Memang, berbicara dengan bahasa Inggris menjadi sangat sulit ketika kita tidak memiliki keberanian dalam percakapan bahasa Inggris. Jangankan dengan turis bule, dengan kawan sendiri saja terkadang merasa enggan dan malu. Jika sudah demikian, tidak ada cara lain meningkatkan kemampuan speaking / berbicara bahasa Inggris kita kecuali dengan menerjemahkan isi hati kita.

Menerjemahkan isi hati adalah cara unik untuk melatih kemampuan berbicara kita dalam bahasa Inggris. Hal ini bisa dilakukan dengan syarat kita berada dalam kesendirian, artinya tidak ada orang lain bersama kita.

Lalu bagaimana latihan bicara bahasa Inggris dengan menerjemahkan isi hati? Ah itu mudah sekali, tinggal ungkapkan saja apa yang sedang anda simpan dalam hati anda. Misalnya saja, jika kita sedang gundah gelisah karena kita tidak mampu berbicara bahasa Inggris di depan teman-teman kita, terjemahkan isi hati kita dengan mengungkapkan (berbicara sendiri dalam bahasa Inggris) mengapa kita tidak bisa berbicara bahasa Inggris di depan teman-teman kita. Jangan lupa ungkapkan semua isi hati kita selagi tidak ada orang yang mendengar ucapan kita.

Buka kamus bahasa inggris jika ada kosakata bahasa Inggris yang belum kita ketahui, catat kosakata tersebut dalam catatan khusus vocabulary sehari-hari kita. Terus ungkapkan isi hati kita tanpa henti, jika perlu rekam dengan menggunakan HP, laptop atau alat perekam suara lainnya... Semoga dengan menerjemahkan isi hati kita ini, kita bisa lancar bicara bahasa Inggris, tanpa harus kursus berbulan-bulan bukan?

Harus diakui lirik lagu Padi yang berbunyi "Menerjemahkan isi hati mungkin lebih baik dengan berbicara" bisa menjadi cara langka meningkatkan kemampuan kita dalam percakapan bahasa Inggris. Andai saja latihan menerjemahkan isi hati ini dilakukan setiap hari, bisa saja kita tidak lagi gugup dan takut berbicara dengan bahasa Inggris di depan khalayak umum. Bisa saja, kita adalah salah satu orang yang lancar berbicara bahasa Inggris di antara teman-teman kita yang lain; bisa juga kita menjadi satu-satunya orang yang selalu menang debat bahasa Inggris, pidato bahasa Inggris dll.

No comments:

Post a Comment

 
Support : Free Games Download | Food Recipes | Tontenk
Copyright © 2011. English Grammar and Text - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger