Home » » Chain Names: Game Memperkenalkan Diri dan Orang Lain

Chain Names: Game Memperkenalkan Diri dan Orang Lain

Pembuka : Ada banyak game bahasa Inggris cara memperkenalkan diri kepada orang lain, salah satu permainan bahasa Inggris yang bisa digunakan adalah Chain Names.

Sebagian guru bahasa Inggris kadang bosan dengan metode mengajar speaking / percakapan bahasa Inggris cara jadul. Bagaimana tidak, mereka harus terlebih dahulu memberitahu siswa cara mengucapkan beberapa ungkapan bahasa Inggris yang sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Misalnya saja, guru bahasa Inggris harus menjelaskan cara memperkenalkan diri dan setelah itu kemudian siswa disuruh maju ke depan kelas untuk memperkenalkan diri kepada siswa lainnya. Huh, sungguh sangat tidak adil bagi siswa, karena bagaimanapun juga siswa yang belum terbiasa maju di depan kelas dan berdiri menghadap puluhan siswa lainnya pasti grogi dan tidak tahu harus berbuat apa.

Untuk itu, ada beberapa cara klasik namun menarik untuk dipraktikkan siswa agar mengerti cara memperkenalkan diri kepada orang lain atau bahkan cara memperkenalkan orang lain. Cara klasik ini berupa game atau permainan yang terkenal dengan nama "Chain Names".

Game bahasa Inggris Chain Names ini berlaku untuk semua kalangan, dari SD hingga Perguruan tinggi sekalipun. Oleh karen itu, bagi guru bahasa Inggris, jangan pernah ragu untuk menggunakan game bahasa Inggris yang mempermudah mengajarkan cara memperkenalkan diri sendiri dan orang lain.

Ringkasan penggunaan Chain Names di dalam Kelas

Aktifitas :  

Aktifitas Terkontrol (Controlled Activity)

Level : 

Semua Level (Termasuk tingkat dasar)

Alokasi Waktu : 

 5 - 10 Menit

Persiapan :  

Tidak ada persiapan

Prosedur :
Prosedur penggunaan permainan bahasa Inggris Chain Names adalah sebagai berikut:

  1. Suruh siswa duduk setengah melingkar, dan pilih satu siswa untuk memulai memperkenalkan dirinya.
  2. Siswa kedua yang duduk di samping siswa pertama harus mengulang apa yang diucapkan oleh siswa pertama, dalam hal ini tentang namanya, dan semua tentang perkenalan dirinya. Setelah siswa kedua mengulang perkenalan siswa pertama baru ia harus memperkenalkan dirinya.
  3. Minta siswa anda untuk mengulang prosedur penggunaan game bahasa Inggris Chain Names ini, setiap siswa diwajibkan untuk mengulang nama siswa sebelumnya dan baru menyebutkan nama dirinya. Misalnya : 
  • Siswa A : I am Budi
  • Siswa B : Budi, I am Lisa
  • Siswa C : Budi, Lisa, I am Ahmad
  • Siswa D : Budi, Lisa, Ahmad, I am Avril.
Untuk tingkat yang lebih tinggi, guru bahasa Inggris boleh meminta siswa untuk tidak sekedar memperkenalkan nama saja, tapi juga alamat, tempat tanggal lahir dan lain-lain sehingga pelajaran bahasa Inggris mengenai Perkenalan dalam Bahasa Inggris bisa lebih mudah dan menyenangkan.

Lebih baik game bahasa Inggris Chain Names ini dilakukan oleh 12 siswa dan akan lebih baik lagi jika guru bahasa Inggris ikut berpartisipasi dalam permainan belajar memperkenalkan diri. Semoga bermanfaat...


Nolasco, Rob and Arthur, Luis. 1987. Conversation. New York: Oxford University Press.

No comments:

Post a Comment

 
Support : Free Games Download | Food Recipes | Tontenk
Copyright © 2011. English Grammar and Text - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger