Home » » Kontroversi Grammar Perusak Speaking

Kontroversi Grammar Perusak Speaking

Ada seorang bule berbincang dengan seorang mahasiswa yang sedang berlatih speaking. Si bule  terlihat tidak menikmati pembicaraan dengan si mahasiswa karena ia pikir mahasiswa tersebut terlalu lama berpikir tentang grammar ketika berbicara. Hingga dengan sangat terpaksa si bule diakhir pertemuannya dengan si mahasiswa menyarankan agar jangan terpaku pada aturan grammar ketika berbicara bahasa Inggris. Si mahasiswa mengganguk mengiyakan saja seolah-olah pertemuannya dengan si bule rusak dan gagal gara-gara Grammar.

Ilustrasi tersebut mungkin pernah dialami oleh beberapa siswa yang suka belajar bahasa Inggris, khususnya speaking. Menurut hemat saya, membenarkan pendapat si bule bahwa grammar merusak speaking anda adalah salah besar.
 
Grammar itu aturan paten dalam belajar bahasa. Grammar tidak hanya wajib dipelajari, tapi juga harus diamalkan. Meski demikian, ternyata masih banyak yang menganggap belajar bahasa tidak belajar grammar. Tidak hanya orang bule, tapi juga berbagai instansi, lembagai pelatihan bahasa, kursus dll juga masih banyak yang beranggapan seperti itu. Lihat saja, banyak ‘iklan’ bertebaran di berbagai ‘spanduk’ yang menawarkan program  ‘lancar bahasa inggris tanpa grammar
 
Bagi saya, grammar tetap wajib dipelajari (baca:belajar grammar itu wajib) meski kita sedang belajar berbicara (Speaking ) atau berlatih percakapan bahasa Inggris. Keberadaan Grammar tidak boleh tergeser dengan dalih apapun. Alasan ini mungkin ditolak oleh beberapa ‘penyedia spanduk’ program ‘lancar cas-cis-cus bahasa inggris tanpa grammar’ tersebut. Namun, saya akan tetap ngotot sekuat tenaga bahwa grammar itu penting meski kita sedang dalam hipnotis ‘spanduk lancar bicara bahasa Inggris tanpa grammar.’
 
Lancar bicara bahasa Inggris bergantung pada kemauan anda untuk berlatih percakapan bahasa Inggris. (baca: Cara Ekstrim Lancar Percakapan Bahasa Inggris). Jika anda tidak memiliki kemauan untuk beralatih speaking, anda tentu kehilangan syarat wajib lancar berbicara Bahasa Inggris.
 
Selain tekad dan kemauan untuk berlatih percakapan, anda juga dituntut untuk mengetahui berbagai kosakata bahasa Inggris yang tepat. Semisal saja, jika kita sedang berada di kebun binatang, tentu topik pembicaraan kita adalah mengenai fauna, satwa, binatang atau hewan. Oleh karena itulah kosakata bahasa Inggris tentang binatang perlu anda kuasai. Jika tidak, maka sia-sia saja anda terjebak dalam ‘spanduk lancar berbahasa Inggris tanpa grammar’.
 
Dalam berlatih percakapan bahasa Inggris, kedua hal di atas jelas memiliki pengaruh yang besar. Bagi orang yang memiliki kemauan dalam mengawali pembicaraan dengan orang lain, maka dia memiliki kesempatan untuk terus meningkatkan kemampuan percakapannya. Namun jika seseorang tidak memiliki satu hasrat pun untuk bertanya dan mengawali pembicaraan bahasa Inggris, maka jangan harap anda memiliki kesempatan lancar bahasa Inggris (baca: 9 Pertanyaan pembuka percakapan bahasa Inggris)
 
Dari uraian diatas, tidak ada satu alasan pun bahwa grammar merusak kelancaran speaking anda. Yang ada hanyalah bahwa grammar perlu dilupakan dalam speaking bahasa Inggris, bukankah demikian?

No comments:

Post a Comment

 
Support : Free Games Download | Food Recipes | Tontenk
Copyright © 2011. English Grammar and Text - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger