Home » , » Memperkaya Vocabulary dengan Thesaurus Microsoft Word

Memperkaya Vocabulary dengan Thesaurus Microsoft Word

Setelah mengetahui pentingnya mempelajari vocabulary, sekarang saatnya mengetahui bagaimana memperkaya vocabulary dengan thesaurus Microsoft  Word.

Memang, saat kemempuan vocabulary kita pas-pasan, banyak sekali kendala yang harus kita hadapi. Misalnya saja, ketika kita menulis skripsi berbahasa Inggris, kita tentu akan merasa tidak percaya diri dengan kata-kata yang kita tulis. Lagi-lagi ini, lagi-lagi itu, kadang kita merasa tulisan kita tidak enak dibaca, dengan vocabulary yang monoton, waduh. Namun jangan putus asa dulu, ada cara untuk mengatasinya.

Salah satu cara untuk memperkaya vocabulary kita saat menulis yaitu dengan memanfaatkan thesaurus Microsoft Word. Thesaurus sendiri bisa didefinisikan sebagai berikut:

A thesaurus is a reference work that lists words grouped together according to similarity of meaning (containing synonyms and sometimes antonyms).

Jadi, berbeda dengan kamus yang isinya definisi, thesaurus lebih berisi tentang sinonim dan antonim. Oleh karena itu, jika kita merasa kurang kaya dalam vocabulary alangkah baiknya jika kita bisa memanfaatkan theasurus ini.

Untuk memanfaatkan thesaurus Microsoft Word ini, kita harus mengetik kata bahasa Inggris yang belum kita ketahui, semisal kalimat di bawah ini:

The attempt to answer such questions can yield a rich and densely textured understanding. But there is a downside: the longer the history, the more data there are, and the less clear the overall picture becomes.


Dari kalimat di atas, cari kata yang belum kita ketahui maknanya. Lalu, blok kata yang belum kita tersebut dan tekan SHIFT + F7 Secara bersamaan, semisal kita mencari sinonim kata attempt, blok kata tersebut lalu tekan SHIFT + F, maka akan dengan sendirinya muncul kotak di sebelah kanan document yang sedang kita ketik beberapa sinonim kata attempt. Nah ini dia screenshotnya:



Nah, sekarang sudah tahu kan sinonim attempt? Ternyata banyak juga ya...

Dengan demikian, kata bahasa Inggris yang kita tulis tidak melulu monoton, kita bisa memanfaatkan thesaurus Microsoft Word ini dengan sebaik-baiknya agar bisa menemukan kata yang pas untuk kita tulis. Semoga kita semakin bisa memperkaya vocabulary sehingga kita tidak lagi membutuhkan thesaurus Ms Word ini.. :-)

No comments:

Post a Comment

 
Support : Free Games Download | Food Recipes | Tontenk
Copyright © 2011. English Grammar and Text - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger