Home » » Definisi Grammar Menurut Ahli Grammar

Definisi Grammar Menurut Ahli Grammar

Definisi Grammar mungkin sudah banyak dijelaskan di kamus monolingual bahasa Inggris ataupun buku-buku referensi grammar lainnya. Namun begitu, tidak salah juga saya mengutipkan beberapa referensi mengenai defenisi Grammar menurut para ahli. Saking banyaknya ahli grammar di dunia ini, jadi saya hanya mengutipkan beberapa definisi saja biar tidak capek ngetiknya (hehehe) Oke lah kalau begitu, berikut adalah beberapa keterangan mengenai definisi, makna  ataupun pengertian grammar yang diungkapkan oleh beberapa pakar Grammar dunia, Let’s check this out…..

Dalam mengawali buku yang berjudul English Grammar, Jeffrey Coghill and Stacy Magendanz, dua orang pendiri Perpustakaan dan Kampus McNeese State University di Lake Charles, Los Angeles (2003:xvi) mendefinisikan grammar sebagai berikut:

“The grammar of a language is the set of rules that govern its structure. Grammar determines how words are arranged to form meaningful units.”

“Grammar sebuah bahasa adalah satu kumpulan aturan yang menata bagian susunannya. Grammar menentukan bagaimana kata-kata disusun dalam membentuk unit-unit bahasa yang bermakna.”

Sama halnya dengan definisi diatas, Michael Swan (2005:xix), ahli bahasa yang lebih cenderung memperhatikan Bahasa Inggris asli Inggris (British English) mendefinisikan grammar seperti dibawah ini:

“The rules that show how words are combined, arranged or changed to show certain kinds of meaning.”

“Grammar adalah aturan yang menerangkan bagaimana kata digabungkan, disusun atau diubah untuk menunjukkan beberapa jenis makna.”

Selain definisi yang umum seperti diatas, ada beberapa pakar bahasa yang mendefinisikan Grammar dengan gaya yang berbeda seperti Greenbaum dan Leech. Leech et al (1982:3) mendefinisikan grammar sebagai:

“Reference to the mechanism according to which language works when it is used to communicate with other people. …..Grammar is a mechanism for putting words together, but we have said little about sound of meaning.”

"Makna Grammar adalah referensi mekanisme menurut fungsi bahasa ketika digunakan dalam komunikasi dengan orang lain…. Grammar adalah aturan untuk penggabungan kata, ataupun aturan penggabungan bunyi suatu makna ”

Lebih ekstrim lagi, pakar kenamaan tentang Grammar si Greenbaum (1996:25) mengartikan Grammar seperti di bawah ini:

“In the concrete sense of the word grammar, a grammar is a book of one or more volumes. We of course also use grammar for the contents of the book. When we compare grammars for their coverage and accuracy, we are referring to the contents of the book: a grammar is a book on grammar, just as a history is a book on history.”

“Menurut makna konkrit kata Grammar, grammar adalah sebuah buku yang berisi satu volume atau lebih. Kita juga tentu mengartikan grammar sebagai isi sebuah buku. Ketika kita membandingkan grammar dengan bahasan dan kebebenarannya, kita tentu mengacu pada isi dari sebuah buku: jadi Grammar adalah sebuah buku tentang grammar, seperti halnya sejarah adalah sebuah buku tentang sejarah.”

Yah, begitulah sedikit tentang definisi Grammar menurut beberapa pakar Grammar dunia. Mohon maaf jika terjemahannya seadanya.. Anda boleh percaya atau tidak, meskipun definisi Grammar dibilang sedikit dan tidak sulit, nyatanya mempelajar Grammar membutuhkan keikhlasan hati yang sangat dalam hehehe.

Referensi:

Coghill, Jeffrey and Stacy Magendanz. 2003. English Grammar. New York: Wiley Publishing, Inc.

Greenbaum, Sidney. 1996. English Grammar. Oxford University Press.

Leech, Geoffrey et all. 1982. English Grammar for Today. London: The Macmillan Press Ltd.

Swan, Michael. 2005. Practical English Usage: 3rd Edition. Oxford University Press.

No comments:

Post a Comment

 
Support : Free Games Download | Food Recipes | Tontenk
Copyright © 2011. English Grammar and Text - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger