Home » , » BUT bermakna KECUALI

BUT bermakna KECUALI

MARI KITA BELAJAR GRAMMAR LAGI.... Mungkin banyak yang beranggapan bahwa kata BUT bermakna ‘tapi, tetapi, namun, dsb’. Hal tersebut wajar karena kata BUT sering diajarkan sebagai salah satu jenis coordinative conjunction. Sebagai contoh saja kalimat, “I am hungry but I don’t have something to eat.” kata BUT disitu bermakna TETAPI karena BUT tersebut berfungsi sebagai Conjunction yang menghubungkan antar kalimat.  Maka sangat lumrah jika kita selalu berpikir bahwa BUT hanya bermakna tetapi ataupun namun. Memang tidak ada yang salah jika pemahaman kita selalu terfokus terhadap materi Grammar ini, namun setidaknya kita tahu bahwa kata BUT ternyata bisa bermakna KECUALI. Jika sobat ada yang baru mengerti bawha BUT bermakna ‘kecuali’ maka jangan heran dan jangan aneh, biar tidak kelihatan o-on_nya. Lalu, bagi sobat yang sudah tahu, hehe saya jadi malu..

Kata BUT yang bermakna KECUALI ini bukanlah difungsikan sebagai Conjunction (lebih tepatnya coordinative conjunctio) melainkan sebagai preposition. Karena difungsikan sebagai preposition, maka setelah kata BUT yang bermakna KECUALI ini tidak boleh diikuti oleh sebuah klausa. Hal tersebut perlu dicatat mungkin saja bisa sebagai bahan perdebatan Grammar. Oke langsung saja kita bahas.

Penggunaan BUT yang bermakna KECUALI

Kata BUT bermakna KECUALI ini digunakan setelah kata all, none, every, any, no, everything, everybody, nothing, nowhere, anywhere, dan indefinite pronoun lainnya.

Contoh:

He eats nothing but hamburgers.
Everybody’s here but George
I’ve finished all the jobs but one
She has done nothing but cry all day

Pronoun setelah BUT

Setelah kata BUT, kita biasanya menggunakan object pronoun (them, us, me, you, him, her, it). Akan tetapi subject pronoun (They, we, I, you, he, she, it) juga bisa digunakan khususnya dalam konteks bahasa formal.

Contoh:

Nobody but her would do a thing like that. (lebih formalnya: nobody but she would do a thing like that.)

Selain bermakna KECUALI, ada juga BUT yang berarti HANYA. Namun, BUT yang bermakna HANYA ini hanya digunakan dalam Bahasa Inggris kuno dan dalam Bahasa Inggris di zaman modern ini penggunaan BUT bermakna HANYA sudah jarang digunakan karena dianggap tidak umum.

Contoh:

She is but a child.
Life is but a dream. (Ego Brain - System of A Down)

Demikian keterangan singkat ini, semoga ada manfaatnya. Mohon maaf jika ada penjelasan yang salah, mohon diluruskan, saya hanya menjelaskan ringkasan dari Michael Swan (1996:116-117) dalam bukunya yang berjudul Practical English Usage. Jika ada yang protes, silahkan sama beliau, saya sih ga ikutan hehe.

No comments:

Post a Comment

 
Support : Free Games Download | Food Recipes | Tontenk
Copyright © 2011. English Grammar and Text - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger