Home » » Basic Reading: A Private Conversation

Basic Reading: A Private Conversation

BISA MENULIS PASTI BISA MEMBACA... Sebelum belajar menulis, sekarang saatnya belajar membaca teks berbahasa Inggris oke!. Ini postingan pertama tentang Reading alias pelajaran membaca dan semoga bisa terus belajar dan berbagi tentang pelajaran Reading Bahasa Inggris ini. Meskipun seharusnya ini adalah pelajaran Bahasa Inggris ketiga setelah Listening dan Speaking, namun tentu tidak terlambat untuk belajar membaca kan? Biar tidak terlalu bikin kepala pusing, saya akan menyampaikan pelajaran paling dasar saja oke! materi yang saya ambil adalah dari bukunya L.G. Alexander yang berjudul “Practice and Progress: An Integrated Course for Pre-Intermediate Students”. Buku ini jelas dimaksudkan untuk kalangan anak-anak, ya setingkat SD lah, hehe. Tapi tidak apa-apa saya tampilkan disini sekedar pemanasan sebelum memposting materi yang lumayan berat… (Yang kecil-kecil aja dulu, yang besar belakangan karena saya juga ga paham materi reading tingkat advance hehe..) Langsung saja, Gaze into this f**kin Reading!!!

Last week I went to the theatre. I had a very good seat. The play was interesting. I did not enjoy it. A young man and a young woman were sitting behind me. They were talking loudly. I got very angry. I could not hear the actors. I turned round. I looked at the man and the woman angrily. They did not pay attention. In the end, I could not bear it. I turned round again. ‘I can’t hear a word!’ I said angrily. ‘It’s none of your business,’ the young man said rudely. ‘This is a private conversation!’

Tidak usah diterjemahkan, karena materi bacaannya sangat mudah diterjemahkan bukan? Namun jika diringkas, pelajaran Bahasa Inggris yang bisa dipetik adalah:

1.   Setiap kalimat memiliki satu ide / pesan

Kalimat-kalimat pada bacaan di atas memiliki satu ide, pesan, ataupun makna. Karena suatu kalimat dikatakan sebagai ‘kalimat’ jika ide, gagasan, pesan ataupun maknanya dapat dipahami dengan jelas.

2.   Kalimat Pernyataan

Semua kalimat diatas dikategorikan sebagai kalimat pernyataan atau disebut dalam Bahasa Inggris sebagai ‘Statements’ atau ‘Declarative Sentence’.

3.   Susunan kalimat sederhana.

Semua kalimat diatas memiliki susunan paling dasar. Susunan kalimat dalam Bahasa Inggris paling dasar sebenarnya tidak jauh beda dengan susunan kalimat di Indonesia yaitu diawali dengan Subject dan diikuti dengan kata kerja. Jika kata kerjanya transitive, maka kata kerja tersebut wajib diikuti dengan Object.

Secara Grammatikal, Bacaan diatas sebenarnya banyak sekali ilmu didalamnya seperti penempatan sebuah adverb, quotations, simple past, linking verb dan lain sebagainya. Namun dengan sangat sengaja, materi tersebut khusus disajikan hanya pada materi Grammar saja (wuih gayanya kaya bisa aja ya?)

Semoga Bermanfaat…


No comments:

Post a Comment

 
Support : Free Games Download | Food Recipes | Tontenk
Copyright © 2011. English Grammar and Text - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger