Home » » Nouns Used As An Adjective

Nouns Used As An Adjective

Kali ini saya akan menjelaskan materi grammar yang sedikit controversial sekontrovesial LPI vs PSSI. Bukan Tapi yang jelas saya tidak menambah masalah, tapi menyelesaikan masalah. Meskipun materi ini sebenarnya materi grammar yang sangat sederhana. Don’t be afraid, I’ll keep on blogging guys. Secara harfiah, noun: nomina / kata benda jelas kata yang menunjuk pada benda, baik yang berwujud seperti manusia, binatang, tumbuhan, perabotan rumah tangga, peralatan tulis dan lain sebagainya, ataupun ide-ide yang tak terlihat seperti kemakmuran, kemerdekaan, keserasian dan lain-lain yang sejenisnya. Ada noun yang dapat dihitung, ada juga yang tak bisa dihitung. Jenis-jenis noun tersebut sangatlah umum dan kita pasti mampu memahaminya dengan jelas. Lalu apa benar ada noun yang difungsikan sebagai Adjective? Jawabannya tentu bermacam-macam, tergantung melihat dari sudut mana kita menjawabnya. Jika kita melihat dari segi definisi, jelas itu sangat melanggar aturan Pusat Studi Grammar Tingkat Dunia, bisa-bisa saya akan dituntut akibat penyalahaturan akan teori ini. Atau bila kita melihatnya dari segi yang serba unik, menarik, antik, dan bebas mengkritik, dan bebas sambil makan kripik, maka tempat inilah yang paling pas buat sobat-sobit semuanya. Namun jika dilihat dari segi grammar, tentu noun yang difungsikan sebagai adjective pasti ada tentunya. Jika adjective secara singkat diartikan sebagai kata yang menjelaskan noun, maka noun yang jenis ini diartikan sebagai noun yang juga menjelaskan noun yang lain. Let us take a look at these summaries:

POSSESIVE NOUNS
SINGULAR NOUNS
a.       The girl
b.      Tom
c.       My wife
d.      A lady
e.      Thomas
POSSESSIVE FORMS
The girl’s
Tom’s
My wife’s
A lady’s
Thomas’s / Thomas’
Umumnya jika membentuk possessive noun pada noun yang tunggal, cukup memeberi apostrop + s (‘s) dibelakang noun. Akan tetapi jika singular noun tersebut berakhiran –s maka ada dua kemungkinan
a.       Menambahkan seperti singular noun biasa yaitu dengan (‘s) contoh: thomas’s
b.      Cukup dengan menambahkan apostrop (‘) dibalakang noun, contoh: thomas’
PLURAL NOUNS
f.        The girls
g.       Their wives
h.      The ladies
i.        The men
j.        My children
POSSESSIVE FORMS
The girls’
Their wives’
The ladies’
The men’s
My children’s
Secara default, pembentukan possessive noun pada plural nouns cukup dengan menambahkan apostrop saja, karena plural noun umumnya berakhiran –s.
Namun jika bentuk plural noun tersebut tidak berakhiran –s, seperti men, children, women, mice, dan lain-lain maka penambahannya harus dengan (‘s), Contoh: the men’s.

Contoh penggunaan possessive nouns:

a.       The girl’s book is on the table
b.      Tom’s car is very luxurious
c.       My children’s room is upstairs

Dari contoh-contoh diatas jelas, possessive noun menjelaskan noun yang lain. The girl’s menjelaskan book, Tom’s menjelaskan car, children’s menjelaskan room dengan makna kepunyaan/milik. Jika noun-noun tersebut berfungsi seperti noun yang sebenarnya semisal sebagai subject, maka kalimat my children’s room is upstairs jelas menyalahi aturan. Sebab head / kata utama dari frasa my children’s room adalah room bukan children.

Berbeda dari yang diatas, kali ini noun yang difungsikan sebagai adjective tanpa apostrop.
NOUN USED AS MODIFIERS
a.       The soup has vegetable in it
It is vegetable soup
b.      The building has offices in it.
It is an office building
Ketika noun dijadikan modifier, maka tetap dalam bentuk singular. Contoh vegetable menjelaskan soup.
Office menjelaskan building
a.       The test lasted two hours
It was two-hour test
b.      Her son is two years old
She has two-year-old son

Ketika noun dijadikan modifier, dimana noun terebut tergabung dengan istilah angka. Noun tersebut harus tetap singular dan ditambah hyphen (-). Contoh two-hour menjelaskan test.

Seperti posting sebelumnya, posting ini diadaptasi dari bukunya Betty (2002:103-105) . Untuk keterangan lebih lanjut silahkan bandingkan dengan buku-buku grammar lainnya.

Referensi:
Azar, S. Betty. 2002. Understanding and Using English Grammar: 3rd edition. Pearson: Longman.

No comments:

Post a Comment

 
Support : Free Games Download | Food Recipes | Tontenk
Copyright © 2011. English Grammar and Text - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger